Rabu, 18 Februari 2015

Permasalahan Wilayah Pesisir Indonesia

Menurut Wikipedia Pesisir merupakan daerah pertemuan antara darat dan laut. Untuk yang ke arah darat meliputi bagian daratan yang masih dipengaruhi sifat-sifat laut seperti pasang surut, angin laut, dan perembesan air asin. Sedangkan untuk daerah yang ke arah laut meliputi bagian laut yang masih dipengaruhi oleh proses-proses alamiseperti sedimentasi dan aliran air tawar, maupun yang disebabkan oleh kegiatan manusia di darat seperti penggundulan hutan dan pencemaran.

Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia dengan jumlah pulaunya mencapai 17.506 pulau besar dan kecil. Dengan total garis pantai diperkirakan mencapai 81.000 km. Wilayah laut dan pesisir adalah wilayah yang amat penting bagi sebagian besar penduduk Indonesia. 7,5% dari total penduduk Indonesia menggantungkan hidupnya pada kegiatan yang ada di kawasan ini. Namun pengelolaan wilayah pesisir di Indonesia sendiri masih belum optimal. Sebenarnya apa yang salah dalam sistem pengelolaan ini? Siapakah yang seharusnya bertanggung jawab?

Contoh wilayah pesisir di Indonesia
(sumber: kaskus.co.id)

Di era otonomi daerah seperti sekarang ini, pembangunan wilayah pesisir dan laut sebagai salah satu sumberdaya potensial seringkali memunculkan beberapa permasalahan, antara lain hubungan antara daerah dan pusat, pembangunan ekonomi, serta eksploitasi sumberdaya alam tanpa memperhatikan kelestariannya. Permasalahan umum yang banyak terjadi dalam hubungan antara pemerintah pusat dan daerah adalah kurang selarasnya pemenuhan kepentingan pusat dan daerah.
Eksploitasi sumberdaya laut dan pesisir juga menjadi salah satu permasalahan dalam pembangunan daerah. Di satu sisi, upaya tersebut dilakukan oleh masyarakat dan daerah untuk menggerakkan roda perekonomian, namun di sisi lain sumberdaya perikanan semakin berkurang karena dieksploitasi secara berlebihan serta mengalami kerusakan. Harus ada pengelolaan yang benar-benar sinergis agar tidak terjadi kerugian

Masih kurang terurusnya wilayah pesisir Indonesia ini harus benar-benar diperhatikan oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah agar Indonesia bisa siap dalam menghadapi perdagangan bebas nanti. Pembangunan tidak berpusat hanya di daerah kota saja namun juga perlu dilakukan pada wilayah pesisir. Disitu Indonesia memiliki potensi yang besar dengan jumlah wilayah pesisir yang begitu melimpah sehingga siap dalam menghadapi perdagangan bebas nanti

Tidak ada komentar:

Posting Komentar